top of page

Tips: Aplikasi penting untuk traveling

Artikel ini berisi referensi beberapa produk tetapi saya tidak akan menerima apa pun dari mereka. Semua aplikasi yang disebutkan adalah murni berdasarkan pengalaman.



Aplikasi map apa yang kamu pake?

Itulah pertanyaan yang sering saya dapatkan dari orang-orang yang mengikuti saya di media sosial. Oke, aplikasi map memang penting. Dalam hal perencanaan - terutama dalam bike touring, saya dan Luís selalu merencanakan terlebih dahulu, atau kami hanya ingin tahu di mana kami saat ini. Tapi tahukah kamu kalo ada aplikasi penting dan berguna lainnya yang kami gunakan selama bepergian di samping aplikasi map?


Ada banyak aplikasi perjalanan yang tidak hanya menjadi sumber inspirasi tetapi juga sangat berguna untuk memesan dan mengelola logistik. Namun, bepergian dengan sepeda terkadang membawa kami ke daerah pedesaan yang belum tersentuh internet - terkadang hingga berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu!


Jadi, berikut adalah aplikasi yang kami gunakan selama perjalanan dengan sepeda di Amerika Selatan dan Afrika bagian selatan.


Maps

Maps.me - gratis

Alih-alih menggunakan google map, kami menggunakan Maps.me. Ini adalah aplikasi map offline kami. Ini adalah aplikasi praktis yang dapat kamu download per negara atau per wilayah - apa pun yang kamu suka. Jadi, setelah kamu meninggalkan suatu negara, kamu dapat menghapus dan menghemat untuk menyimpan map lain! Kamu juga dapat menambahkan/mengedit bookmark yang mempersonalisasi perjalananmu.


Maps.me juga menunjukkan jalanan kecil yang terkadang tidak muncul di peta google. Satu-satunya kekurangannya adalah kami tidak dapat mengandalkan aplikasi ini untuk membuat rute bersepeda. Seringkali aplikasi ini membawa kami ke jalanan yang tidak menyenangkan.


MapOut - $ 4,99

MapOut adalah aplikasi pemetaan IOS terbaik sejauh ini! Kami mencoba aplikasi OsmAnd yang berfungsi dengan baik di smartphone android teman kami, tetapi pada akhirnya tidak berfungsi sebaik di iOS kami. MapOut memberikan fleksibilitas untuk mempersonalisasi rute kami secara detail. Namun, sayangnya kami tidak dapat mentransfer rute langsung ke GPS kami.


Komoot - pembelian dalam aplikasi

Aplikasi Komoot memiliki banyak fitur yang tersedia. Kamu dapat memilih aktivitas seperti bersepeda jalan raya, menuruni bukit, bersepeda tur, berlari, berjalan, dll. Aplikasi ini lumayan asik. Singkatnya, ini adalah aplikasi yang cukup lengkap. Namun, ada sisi negatifnya yaitu selalu membutuhkan internet untuk membuat jalur yang baru.


Sebelum kami memiliki MapOut, kami harus membuat rencana terlebih dahulu sampai kami yakin bahwa ada koneksi internet di tempat terakhir. Tapi sekarang, kami masih menggunakan Komoot sebagai jembatan untuk mentransfer rute kami dari MapOut ke GPS kami.


Akomodasi

Booking.com & Airbnb - gratis

Booking.com adalah salah satu pilihan hotel dan persewaan rumah terbesar. Dan sejauh ini, Luís dan saya tidak punya masalah dengan platform ini. Tetapi ketika kami lebih memilih untuk memesan persewaan rumah daripada hotel, kami menggunakan aplikasi Airbnb. Entah bagaimana, pilihannya lebih bagus dan nyaman.


iOverlander - gratis tapi selamat datang untuk sumbangan

iOverlander bukanlah aplikasi untuk mengatur akomodasi tetapi untuk mengetahui apa yang ada di kota. Tidak hanya berisi akomodasi, tetapi juga memiliki restoran, laundry, kedutaan, semua yang dibutuhkan travelers! Yang paling kami sukai dari aplikasi ini sebagian besar adalah informasinya asli dan berasal dari budget travelers seperti kami. Jadi, tidak ada hotel mewah atau mewah di aplikasi ini. Kamu juga dapat menambahkan informasi berdasarkan pengalamanmu.


Hampir melupakan satu hal penting... aplikasi iOverlander juga berfungsi secara offline.


Couchsurfing & Warmshowers.org - gratis tapi menerima sumbangan

Ini adalah platform komunitas yang memungkinkanmu untuk tinggal bersama masyarakat lokal. Namun, saya sangat ingin kamu mengingat bahwa yang terpenting adalah jangan melupakan semangat setiap platform. Couchsurfing maupun Warmshowers.org bukanlah platform komunitas tempat kamu bisa menginap gratis hanya karena kamu bisa...


Biasanya, kami menggunakan platform ini saat kami tidak merasa terlalu lelah. Jadi, kami bisa berbagi cerita dengan tuan rumah kami. Walaupun biasanya di Warmshowers.org, beberapa host sudah mengetahui bahwa hari pertama adalah hari untuk beristirahat. Jadi, tuan rumah akan memberi kami ruang untuk beristirahat.


Sehari-hari

Foursquare - gratis

Karena saya suka makan makanan enak, yang ini penting buat saya! Biasanya, aplikasi ini bekerja dengan sangat baik di kota-kota besar di seluruh dunia.


Jika kamu belum tahu, kamu dapat mengunduh bahasa lokal ketika kamu memiliki internet dan menggunakannya secara offline.


Currency - pembelian dalam aplikasi

Aplikasi gratis hanya memungkinkan kamu memiliki empat mata uang berbeda. Tapi bagi kami, empat lebih dari cukup untuk apa yang kami lakukan. Aplikasi ini masih membutuhkan koneksi internet untuk update, tetapi setelah itu berfungsi secara offline.



Revolut

Revolut adalah salah satu bank digital terbesar. Kemampuan untuk mengonversi mata uang dengan harga terbaik, mentransfer uang secara internasional secara gratis, dan membelanjakan uang di seluruh dunia tanpa biaya adalah keuntungan yang sangat nyaman untuk memiliki salah satu bank digital ini.


Wallet

Sebagai budget traveller, kami ingin mengontrol pengeluaran kami. Bagian terbaik untuk memiliki aplikasi wallet ini adalah ketika kami memeriksa anggaran kami di akhir bulan dan ternyata kami masih memiliki banyak anggaran, kami dapat menikmati sedikit kenyamanan untuk beberapa hari ke depan.



Shazam

Tempat baru juga berarti budaya baru. Terkadang kami mendengar lagu baru yang membuat kami menari atau sekadar nikmati yang membuat penasaran untuk mengetahui siapa yang menyanyikannya, Shazam adalah keajaiban!



Aplikasi khusus, untuk tempat khusus

Keduanya adalah aplikasi penting yang kami gunakan di Chile selatan dan Argentina selatan karena angin ekstrem yang terkenal. Dari keduanya, kita tahu ke depan apakah kita akan berjuang atau menikmati angin yang mendorong punggung kita.


yang terakhir khusus untuk pemegang paspor ijo

Safe Travel

Safe travel ini adalah aplikasi buatan pemerintah Indonesia untuk WNI yang suka jalan-jalan ke luar negeri. Menurut saya isinya cukup lengkap. Mulai dari info secara umum per negaranya sampai jenis colokan listrik pun juga ada. Di aplikasi ini juga ada level penggunanya. Semakin sering ke luar negeri, levelnya semakin tinggi. Tapi entah kenapa di akun saya tidak bisa mengupdate negara apa saja yang sudah saya kunjungi, jadi sampai sekarang saya tetap di level cupu. :D


Apakah saya kelewatan beberapa aplikasi perjalanan yang penting?

Jangan ragu untuk mencerahkan saya di kolom komentar!

SEDIKIT
TENTANGKU

Selamat datang di KLETIKANKU!

 

Di sini, saya bercerita petualangan, pengalaman, dan gaya hidup yang kuyakini baik untukku.

Tidak ada daftar 10 teratas di sini.

​

Saya juga punya video-video yang

saya dan Luís buat selama perjalanan kami - di bawah ini!

 

Saya lebih dikenal sebagai Anyisa, seorang pesepeda turing Indonesia.

Jangan lupa ikuti saya di Instagram!

ARTIKEL TERKAIT

namibia dg bersepeda.jpg

eBook

Namibia dengan Bersepeda

namibia dg bersepeda2.jpg
kotak.jpg
Flazz BCA
​
Mandiri E-Toll

atau

Uang elektronik bertema bike touring yang bisa digunakan untuk transaksi non tunai: Membayar tol dan parkir, belanja di minimarket, dll. Mau?

bottom of page